Wednesday, February 3, 2010

Mengenal Internet


Alhamdulillah akhirnya PR bisa sharing ilmu lagi dengan teman-teman semua.setelah sekian lama tak menulis lagi. Nah, disini PR ingin mencoba mengulas sedikit tentang Internet dan www (Word Wide web). Mungkin teman-teman sudah mengetahui apa itu internet dan Word Wide Web.tapi tak apa lah PR sedikit mengulang, barang kali ada teman-teman yang lupa ataupun tidak tahu. Oke, mari kita mulai.
Sebenarnya kata-kata internet sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sudah sering berinteraksi dengan dunia maya, tapi kebanyakan dari mereka juga hanya mengetahui internet dan Word Wide web secara umum.nah disini PR ingin menjelaskan sedikit asal-usulnya. Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yaitu sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan  unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230. Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang  mempunyai  perbedaan dan ciri khas masing-masing  (Unix,  Linux,  Windows,  Mac,  dll)  bertukar informasi  dengan  sebuah  protokol  standar  yang  dikenal  dengan  nama  TCP/IP  (Transmission  Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
Apabila tema-teman mempunyai komputer dengan minimal spaces prosessor 486, Windows 95, Modem/landcard, dan line telepon, maka teman-teman telah bisa bergabung dengan ratusan juta komputer lainnya  dari seluruh dunia dan dapat mengakses harta karun informasi di internet.
            Komputer pertama kali dibuat hanyalah sebagai mesin yang berdiri sendiri atau bahasa arabnya (stand alone). Untuk melakukan perpindahan informasi dari satu komputer ke komputer lainnya dibutuhkan tape, disk, disket dan lain-lain. Jalan untuk berbagi informasi tersebut, dibuatlah koneksi. LAN, atau disebut juga Local Area Network, merupakan jaringan komputer terkecil yang menghubungkan 2 atau lebih komputer untuk berbagi/sharing informasi. Dengan konsep koneksi jaringan untuk membentuk jaringan dan dari jaringan tersebut terciptalah internet. Internet itu sendiri merupakan singkatan dari Interconnected Network of  Networks.
Nah, gimana sekarang dah pada tahu kan apa itu internet. referensi lebih lengkapnya ntar akan di jelaskan di artikel selanjutnya atau  teman-teman bisa bertanya pada Om GoOgLe:). semoga bermanfaat yach.jangan lupa kritik dan sarannya yach…

Comments :

0 comments to “Mengenal Internet”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by - L E N T E R A I L M U -